Tips Klasik Merawat Laptop

Pernahkah anda bertanya bagaimana sih merwat Laptop yang benar ?, Nah kali ini saya akan mencoba menshare sedikit pengalaman saya dalam merawat laptop. Pada hakikatnya perawatan setiap laptop mungkin ada yang berbeda ataupun mungkin ada yang sama. dengan mengkesampingan Faktor kesalahan manusia ( Human Error ) berikut ini tips saya dalam merawat laptop :

   

     1. Jangan Lepas Baterai Notebook

Lho, kenapa kok gak boleh lepas baterai Notebook ?. Baik itu notebook lama ataupun keluaran baru saya sarankan jangan melepas baterai jika notebook masih anda gunakan, Kenapa ?. itu karena tegangan listrik disetiap rumah berbeda beda ada rumah yang memiliki tegangan listrik tinggi dan tegangan listrik rendah. Jika listrik yang mengalir ke Notebook anda tidak stabil (Baterai Notebook juga sebagai penstabil aliran listrik) dapat mengakibatkan kerusakan pada Komponen Vital seperti Motherboard. Bayangkan jika harga baterai berkisar 1jt, maka Harga Motherboard Laptop bisa mencapai 1,5 -3jt (tergantung merk dan ketersediaan) nah jika motherboard yang rusak alamat lembiru karena, harga mobo notebook sekitar 60% harga notebook tersebut.

     2. Jangan mendekatkan LCD (Layar) Notebook anda ke Sumber Magnet

Mungkin tips ini sudah diketahui oleh sebagian orang. tapi tips ini cukup penting agar laptop anda dapat terhindar dari kerusakan akibat kontak daya magnet, terutama LCD Notebook

     3. Pentingya Membersihkan File dan Registri yang tidak diperlukan.

Dengan membersihkan Dump/Junk file yang tidak diperlukan dapat menambah sedikit performa Notebook anda dan bisa terhindar dari kesalahan Instal Ulang OS. Sebagai contoh saya selalu menggunakan TuneUp Ultilites 2013 setiap 3 hari sekali untuk mengecek keadaan OS saya.

     4. Gunakan Antivirus Terupdate dan Windows Update

Dengan menggunakan Antivirus terupdate anda mungkin tidak terlalu khawatir akan Virus yang semakin lama semakin berbahaya bagi Notebook kita, sedangkan Windows Update dapat memperbaiki kesalahan File hilang, Bug, dan pembaruan yang diperlukan OS anda...

    5. Suhu

Sudah sewajarnya jika barang barang elektronik tidak tahan terhadap suhu yang terlalu tinggi dan terlalu rendah. Suhu normal Notebook sekiranya berkisar antara 37 - 73 derajat Celcius bergantung pada pemakaian. Saran saya jika Suhu Notebook anda telah mencapai titik diatas 80 derajat sebaiknya anda matikan dulu beberapa saat.

Demikian Tips Klasik Merawat Notebook dari Faris Zigger Semoga bermanfaat ^_^